Contoh sederhana dari aplikasi Common Service Center

Tidak mengerti pusat layanan umum? Lihat informasi ini

Pusat layanan umum, atau sering disingkat SSC, adalah divisi tugas atau layanan berbagi untuk mengatasi pembatasan, baik dari sumber daya dan teknologi milik perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa layanan tersebut adalah layanan wajib yang harus dimiliki perusahaan jika mereka ingin mengoptimalkan pekerjaan perusahaan mereka. Bahkan, pemerintah sendiri juga telah menerapkan sistem seperti itu bagi BUMN agar mampu memaksimalkan cara bisnis ini tanpa kehilangan biaya teknis yang mahal.

Bagi orang awam, mungkin ada banyak dari mereka yang tidak tahu dan benar-benar tahu apa arti layanan seperti itu, karena tidak mudah untuk berkenalan dengan layanan tersebut.

Penjelasan sederhana tentang layanan umum yang berpusat pada layanan

Karena banyak gosip mengatakan bahwa jika layanan umum atau SSC adalah salah satu jenis layanan untuk dapat meningkatkan optimalisasi di perusahaan, pengetahuan diperlukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu SSC. Karena ada banyak masalah, terutama bagi perusahaan.

Singkatnya, pusat layanan yang umum adalah membagi layanan layanan atau tujuan untuk dapat mengatasi pembatasan sumber daya.

Dengan menggunakan konsep ini, sebenarnya memiliki tujuan untuk dapat meminimalisir biaya lapangan operasi perusahaan dan dapat meningkatkan keandalan layanan di perusahaan. Bahwa penyelenggara dan agen Dari Dinas Bersama pasti akan memberikan pengawasan atas jalannya pelayanan yang diberikan di bawah bimbingan beberapa ahli di bidangnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa SSC ini merupakan unit atau agen dalam sebuah perusahaan yang memberikan layanan untuk dapat membagi penggunaannya sehingga dapat digunakan di setiap sudut entitas perusahaan.

Keuntungan utama menggunakan pusat layanan umum

Baik dengan mewujudkan kelebihan dan mewujudkan keunggulan yang dapat diperoleh melalui konsep layanan, hal ini mengarahkan beberapa badan usaha untuk memilih untuk menerapkan atau mengimplementasikan konsep ini. Beberapa contohnya adalah BUMN seperti Telkom Group dan juga PT Pertamina yang merupakan salah satu kompetitor terbesar di Indonesia yang mengoperasikan joint service center.

Salah satu keuntungan menerapkan konsep common service adalah sebagai salah satu cara untuk dapat menekan biaya yang perlu ditimbulkan, karena dapat terus mengoptimalkan pekerjaan perusahaan dengan mengeluarkan biaya yang relatif efektif. Sehingga, dengan menggunakan layanan ini tentunya akan mampu meningkatkan pengelolaan kegiatan usaha di perusahaan. Akibatnya, perusahaan tidak perlu mengalokasikan   investasi yang relatif besar  hanya pada perangkat.

Rasanya peningkatan kredibilitas di perusahaan benar-benar merupakan biaya tambahan jika sudah menerapkan penggunaan toilet umum. Jika anda merasakan kelebihan tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena pada akhirnya akan fokus sebagai optimalisasi kepuasan pelanggan.

Keuntungan lain adalah dukungan untuk solusi. Karena penggunaan layanan umum keluar untuk menghasilkan data yang dikirim dan dianalisis, data yang andal dan siap pakai akan berubah.

Contoh sederhana dari aplikasi Common Service Center

Mungkin sejauh ini ada banyak dari Anda yang tidak tahu apa itu SSC. Secara alami, kebanyakan orang yang memahami istilah ini adalah mereka yang bekerja di bidang masyarakat, terutama dalam perkembangan perusahaan. Untuk mengetahui bagaimana konsep layanan semacam itu, Anda memerlukan contoh nyata untuk dapat menggambarkan layanan tersebut.

Mari kita ambil ilustrasi sederhana yang sekarang dapat diilustrasikan untuk menggunakan konsep ini. Salah satunya adalah perusahaan sebagai kantor pos yang mulai menerapkan common service. Perusahaan ini menggunakan layanan tersebut untuk dapat mengembangkan dan mengelola fungsi SDM, akuntansi dan aset.

Sebelum menggunakan layanan ini, setiap kantor pos secara ketat menggunakan sistem fungsi pendukung masing-masing departemen. Misalnya, Departemen Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Lainnya. Namun, setelah konsep layanan ini diterapkan, setiap kantor pos tidak boleh memiliki departemen ini, karena dapat didesentralisasi berdasarkan wilayah tertentu untuk memberikan layanan yang sama dan membuka beberapa kantor pos.

Itulah sebabnya tidak semua kantor pos tidak lagi membutuhkan departemen tambahan seperti itu, sehingga mereka dapat mengurangi biaya operasi perusahaan dan mengurangi jumlah karyawan. Biaya pengurangan karyawan dapat ditetapkan di bidang bisnis, seperti upaya pengiriman barang atau pembatalan barang. Sehingga hasilnya adalah perusahaan akan mampu bekerja lebih optimal dan efisien tanpa biaya tambahan.

Hambatan untuk implementasi pusat layanan bersama di perusahaan

Meskipun diketahui bahwa layanan tersebut benar-benar dapat memberikan manfaat dan optimalisasi yang signifikan bagi perusahaan, sayangnya masih banyak perusahaan yang belum mampu  menerapkan atau mengimplementasikan joint service center karena kendala atau tantangan tertentu.

Salah satu rintangan terbesar bagi sebuah perusahaan jika ingin menerapkan layanan seperti di atas, tentunya pastinya mereka harus bisa mengubah atau menata ulang struktur manajemen. Selain itu, perusahaan juga harus mampu mengevaluasi bagaimana manajemen kerja dan sumber daya manusianya dapat sejalan dengan tujuan pencapaian tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, agar perusahaan lebih fokus pada faktor-faktor yang ditentukan dari keberhasilan perusahaan ketika menggunakan atau menerapkan layanan ini, perusahaan harus mengembangkan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Solusi untuk aplikasi ini adalah mencoba mengkomunikasikan aplikasi ini dengan mengadakan pertemuan dengan manajemen yang lebih tinggi untuk mengimplementasikan perubahan secara efektif.

Dapat disimpulkan bahwapenerapan layanan  tersebut merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas bisnis di era digital ini, sekaligus memaksimalkan aktivitas.

Untuk mencapai laba yang berkelanjutan, terutama dalam jangka panjang perusahaan, tentunya perlu dipikirkan strateginya untuk mengoptimalkan pekerjaan di perusahaan dan menghasilkan keuntungan yang konstan. Perusahaan harus mengalokasikan sebagian dari perusahaan untuk meningkatkan operasi perusahaan secara keseluruhan. Itulah sebabnya  implementasi pusat layanan umum memainkan peran besar dalam penjualan di atas.