Ada Kode Nasional atau Internasional : KabarGoal

SMSC Telkomsel baru saja berubah kini agar komunikasi tetap mengalir

Mungkin banyak dari anda yang belum tahu jika nomor SMS Telkomsel anda baru saja berubah sekarang. SMSC adalah singkatan  dari Short Message  Service  Center  atau Layanan Short Message Delivery Center  yang bertanggung jawab atas kelancaran pengiriman SMS.

Fungsinya dalam perpesanan jaringan nirkabel adalahuntuk menangani pesan titik akhir. Tidak hanya itu, pusat layanan ini juga menyimpan pesan yang Anda kirim sebelum akhirnya sampai ke nomor tujuan.

Bagi Anda yang masih aktif berkomunikasi melalui SMS, tentunya mengetahui nomor SMS tersebut sangatlah penting. Sebab, jika dalam pengaturan  short message service center  nomor yang dimasukkan salah, maka pesan Anda akan selalu bermasalah.

Masalah yang pasti terjadi adalah ponsel Anda tidak dapat mengirim pesan dan selalu muncul pesan  kesalahan pembaruan pesan singkat pusat layanan (tidak dapat diperbarui). Hal ini tentunya sangat merugikan aktivitas komunikasi Anda.

Salah satu penyebab yang sering dialami oleh pengguna layanan SMS ini adalah tidak mengetahui bahwa nomor SMS provider telah diubah. Salah satunya Telkomsel yang baru saja berganti nomor pusat layanan pesan singkat .

Kamu tidak hanya tahu nomor SMS Telkomsel yang baru, kamu juga harus tahu cara mengubahnya. Karena kami akan memberikan informasi selengkap mungkin agarAnda benar-benar memahami pentingnya nomor SMS Telkomsel, cukup ubah sekarang juga.

Nomor Telkomsel SMSC

Nomor SMS Telkomsel terakhir yang perlu kamu gunakan sekarang adalah +6281100000.  Jumlah ini tentunya berlaku untuk seluruh provider yang berada di bawah manajemen Telkomsel. Jumlah pusat layanan pesan singkat ini berubah beberapa waktu lalu dan masih banyak pengguna yang belum tahu.

Jadi, bagi Anda yang menggunakan provider atas nama Telkomsel dan mengalami kendala pengiriman pesan, mungkin  penyebabnya adalah nomor tersebut belum diupdate.   Karena ketika Anda mengirim pesan, pesan  akan dikirim ke pusat layanan  pesan singkat terlebih dahulu.

Atur dari pusat layanan, lalu pesan dikirim ke nomor yang akan Anda tuju. Selain itu, service center ini akan menyimpan pesan terlebih dahulu ketika nomor tujuan tidak aktif dan mengirimkannya kembali setelah aktif.

Itu sebabnya Anda harus tahu bahwa SMSC Telkomsel baru diubah sekarang. Karena jika Anda memasukkan nomor yang tidak valid, pesan Anda tidak akan pernah terkirim.

Aturan  penomoran SMSC

Setiap provider memiliki nomor yang berbeda, namun ternyata ada aturan tertentu dalam penomoran SMSC.  Angka ini  bukan hanya angka yang disusun secara sewenang-wenang, tetapi memiliki arti tersendiri.

SMSC terdiri dari bilangan heksadesimal yang memiliki susunan tertentu dan secara sewenang-wenang membuka susunan bilangan. Berikut ini adalah aturan penomoran dalam pesan heksadesimal dari pusat layanansingka t.

  1. Di awal nomor ada kode negara

Seperti yang anda lihat dari SMSC Telkomsel yang baru saja anda ganti, sekarang memiliki kode negara Indonesia +62. Untuk kode negara  lain tentunya berbeda-beda, anda bisa melihat daftar kode numerik untuk masing-masing negara.

  1. Ada Kode Nasional atau Internasional

Untuk kode ini Anda dapat melihatnya di nomor setelah kode negara. Kode untuk nomor pusat layanan pesan singkat milik penyedia nasional adalah 81, sedangkan untuk internasional adalah 91.

  1. Angka dibalik

Jika Anda memperhatikan setiap nomor short message service center di Indonesia, maka nomor Anda memiliki nomor yang hampir sama, hanya saja lokasinya terbalik. Selain itu, nomor yang digunakan sangat sederhana. Sama seperti SMSC Telkomsel yang baru saja mengubahnya sekarang.

  1. Penambahan huruf F

Penambahan huruf F pada nomor service center dilakukan jika terdapat angka yang tidak memiliki pasangan pada angka heksadesimal. Oleh karena itu, penambahan huruf F dapat menyelesaikan serangkaian angka heksadesimal.

Cara ganti Telkomsel SMSC

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung bagaimana cara mengganti nomor short message service center. Jadi, kami akan menjelaskannya kepada Anda yang saat ini sedang mengalami kesulitan dalam mengirim SMS.

  1. Buka aplikasi SMS

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi pengiriman pesan singkat  di ponsel Anda.

  1. Buka menu Pengaturan

Setelah membuka aplikasi, Anda sekarang harus membuka menu pengaturan di aplikasi. Anda harus memilih pengaturan lain dan memilih pengaturan dalam pesan teks.

  1. Lihat bagian Pusat Pesan

Setelah Anda memilih pesan teks, itu akan secara otomatis menampilkan bagian pusat pesan. Pastikan nomor yang tertera pada bagian tersebut setuju dengan SMS Telkomsel lalu ubah sekarang juga.

Jika ternyata tidak cocok, Anda bisa menggantinya sendiri dengan nomor +6281100000.  Dengan demikian, kegiatan SMS Anda akan lancar kembali.

Pelajari lebih lanjut tentangSMSC

Jika Anda berpikir SMSC adalah manusia yang melakukan tugas-tugas rumit dalam mengirim pesan Anda, maka Anda salah besar. Sebab, SMSC merupakan gabungan dari teknologi hardware dan software.

Meskipun pasti akan ada manusia yang mengoperasikannya, tetapi tentu saja itu hanya diperlukan ketika ada hambatan dan pemeliharaan. Karena merupakan perangkat, SMSC harus handal untuk meminimalisir gangguan dalam mengirim pesan.

Salah satu hal yang membuat nomor SMSC Telkomsel tergantikan sekarang adalah mempertimbangkan perangkat baru yang lebih andal dengan kapas lebih banyakdan bobot tinggi. Selain itu, level ini harus dapat  menskalakan SMS untuk menampung lebih banyak.

Pusat layanan pesan singkat ini sekarang tidak hanya dapat berkomunikasi dengan pusat pengiriman pesan lainnya. Pasalnya, dengan pesatnya kemajuan teknologi, pusat layanan pesan singkat ini dapat berkomunikasi melalui server dengan protokol SMPP.

Contoh  mudahnya adalah nomor yang Anda gunakan tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan melalui SMS, tetapi juga dapat digunakan untuk mengirim pesan menggunakan  Whatsapp atau aplikasi serupa lainnya.

Cara kerja SMSC

Untuk mengirim pesan ke nomor tujuan Anda, prosesnya tidak semudah mengirim dan menerima pesan. Pasalnya  , SMSC Telkomsel baru saja berubah sekarang, tentunya  akan mengirimkan sinyal terlebih dahulu ke HLR menggunakan sinyal STP untuk pesan yang dikirimnya.

HLR akan merespon sinyal dengan memastikan nomor tujuan Anda aktif atau tidak, dan akan menunjukkan lokasi nomor tersebut. Jika nomor tujuan Anda aktif, pesan akan segera dikirim. Tetapi jika  nomornya tidak aktif, pusat layanan pesan singkat akan berisi pesan tersebut.

Setelah nomor tujuan aktif, HLR akan mengirimkan sinyal ke SMSC dan memberikan status lokasinya. Pusat layanan pesan singkat kemudian akan mengirim pesan Anda dalam format peer-to-peer.

Ketika pesan dikirim, akan ada pemberitahuan “pesan terkirim” dan SMSC tidak akan mengirim ulang pesan tersebut.  Jika pusat layanan pesan singkat sedang sibuk, perlu beberapa saat agar pesan yang Anda kirim mencapai nomor tujuan.

Hal ini tentunya demi  kenyamanan  pengguna provider. Tidak hanya saat mengirim pesan teks, tetapi juga saat mengirim pesan menggunakan aplikasi lain yang memerlukan penggunaan nomor telepon.    Jadi penjelasan tentang SMSC baru saja berubah sekarang yang benar-benar harus Anda pahami.

Read More :